SCTV Awards Liputan 6

Silahkan Share :

Tim Sains Terapan SMA PGRI 2 Kayen untuk kedua kalinya Lolos Sebagai Kandidat Liputan 6 SCTV Awards tahun 2017 di Jakarta.
Adalah Raafi Jaya Sutrisna dan Suprihatin yang merupakan siswa pemenang Internasional Young Inventor Project Olumpiad (IYIPO) pada tahun 2016 Geogia Eropa Timur berhasil lolos dalam penjaringan “Liputan 6 Awards 2017” SCTV. Mereka berdua adalah salah satu tim andalan “Sain Terapan” SMA PGRI 2 Kayen selama ini. Mereka berdua mampu mengangkat nama sekolah ke tingkat nasional dan internasional.
SCTV Awards Liputan 6
Liputan 6 Awardsmerupakan sebuah ajang tahunan yang memberi penghargaan kepada sosok-sosok menginspirasi di masyarakat Indonesia. Sosok-sosok yang mampu  menginspirasi diberikan apresiasi atas jasa-jasa mereka di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, budaya, ekonomi, atau bidang lain.
Ada tiga kriteria utama kandidat yang kami cari. Pertama, kandidat mesti memiliki pencapaian atau prestasi dalam bidang tertentu. Kedua, prestasinya itu mesti menghasilkan dampak positif di masyarakat. Yang ketiga, kandidat mesti membuat orang di sekitarnya menjadi terinspirasi untuk melakukan kebaikan.
Sosok Raafi Jaya Sutrisna oleh dewan juri dinilai mampu menginspirasi pemuda seusianya karena prestasi-prestasi yang diperoleh saat ini. Pada tahun 2014 ketika masih kelas X, SMA memperoleh medali perunggu pada Indonesian Science Project Olympiad  (ISPO) dibidang fisika dengan tema “Batako tahan gempa dari campuran abu ampas tebu” dan  dikirim ke Genius Olympiad USA memperoleh peringkat sepuluh besar.
Pada tahun 2016 diajang yang sama ISPO dalam bidang fisika juga memperoleh medali emas dan dikirim ke Internsional Young Inventor Project Olymoiad (IYIPO) Georgia Eropa Timur. Dalam ajang tersebut Raafi memperoleh medali emas dengan tema projek “Pembuatan komposit untuk pesawat, kapal dan bamper mobil dari limbah kulit singkong”.
Disamping itu Raafi pada akhir tahun 2016 memenangi ajang “Zitizen Goes to New Zealand” yaitu suatu kompetisi bagi pemuda di seluruh Indonesia yang mampu membawa perubahan di masa depan bagi Indonesia. Ajang ini diselenggarakan Jawa Pos bekerjasama keduaan New Zealand. Mereka di ajak ke New Zealand untuk mengikuti trip yang mengenalkan kebudayaan New Zealand selama 10 hari.
Pada akhir November 2016 diundang dalam acara “Kick Andy” MetroTV sebagai narasumber. Dan pada bulan Mei 2017 diiundang ke Jerman oleh pusat perusahaan “BOSCH” di Jerman untuk studi banding di perusahaan di bawah naungan BOSCH yang ada di Jerman selama 10 hari.
Ya Raafi memang layak menjadi inspirasi bagi pemuda seusianya sehingga memang tepat jika lolos dalam kandidat “Liputan 6 Award 2017”
Sedangkan Suprihatin adalah salah satu anggota tim sain terapan yang diketuai Raafi sehingga dalam 2016 mereka berdua mengikuti kegiatan – kegiatan yang juga diikuti Raafi yaitu ajang ISPO dan IYIPO.
Semoga mereka berdua mampu menginspirasi pemuda-pemuda Indonesia.
Aamin….

Leave a Comment