material pelapis lambung kapal 2

Silahkan Share :

pelapis lambung kapalPati – Keberhasilan SMA PGRI 2 Kayen dalam Olympiade Sains Terapan tingkat Nasional maupun tingkat Internasional hampir tiap tahun diraih sejak tahun 2010, baik di Eropa, Amerika maupun Asia. Pada tahun 2018 ini berhasil lolos finalis seleksi tingkat nasional pada ajang “Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) di Jakarta tanggal 23 sd 25 Februari 2018 yang akan datang.

Tema yang diajukan tahun ini adalah “Material Pelapis Lambung Kapal Kayu Dari Silika Abu Sekam Padi“. Setelah melakukan serangkaian uji coba material akhirnya kedua siswa yaitu Agung Kusuma Jaya dan Klarisa Auliya Rahma menemukan material tersebut.

material pelapis lambung kapal 2Klarisa Auliya Rahma, Moh Rauf dan Agung Kusuma Jaya

Material ini terbuat dari bahan limbah yaitu abu sekam padi. Setelah melalui perlakuan fisis dan kimia bahan ini menjadi bahan alternatif pelapis lambung kapal.

Material pelapis lambung kapal ini telah diuji kandungan dan kuat bendingnya di UNDIP Semarang dan Politek Negeri Semarang. Hasilnya sangat memuaskan.

Keunggulan material ini adalah tahan korosi, mampu menahan kebocoran lambung kapal dan memiliki kekuatan akibat pembebanan dan kekenyalan (bending) yang melebihi standar SNI.

Kepala SMA PGRI 2 Kayen Surata, M.Pd. menjelaskan bahwa projek sains ini dikerjakan sekitar 6 bulan diawali dengan survey di Pelabuhan Kapal ikan Juwana. Setelah melihat kelemahan lapisan lambung kapal ikan yang mudah mengelupas dan kurang tahan korosi air laut, maka kedua siswa tersebut berdiskusi dengan guru pembimbingnya dan mencari berbagai literatur. Akhirnya dicoba menggunakan silika abu sekam padi, resin dan fiberglass yang dilapiskan pada kayu merbau. Sampel kayu merbau ini diperoleh dari lokasi pembuatan kapal kayu di Juwana.

Selanjutnya Surata, M.Pd memohon doa kepada seluruh masyarakat Pati semoga siswa SMA PGRI 2 Kayen bisa kembali berjaya di level nasional dan internasional seperti tahun-tahun sebelumnya.

Leave a Comment