Juara 2 Bidang FISIKA International IYIPO di Georgia_Eropa Timur

Silahkan Share :

Luaaarrr biasaaa…!!!

Itulah kata yang paling pantas terucap untuk SMA PGRI 2 Kayen saat ini. Melalui delegasinya yang bernama Aprillyani Soufa Marwaningtyas, berhasil meraih medali Perak dalam ajang International Young Inventir Project Olympiad (IYIPO) 2013 tingkat internasional di Georgia, Eropa.

Juara 2 Bidang FISIKA International IYIPO di Georgia_Eropa Timur

Sekolah yang mewakili Indonesia ke tingkat internasional ini adalah sekolah telah berhasil menjadi pemenang dalam ajang ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) 2013, salah satunya termasuk SMA PGRI 2 Kayen. Ajang ini diikuti oleh 33 negara seperti Myanmar, India, Jerman, Nigeria, Kenya, Turki, Afganistan, Irak, Austria, Ukraina, Bosnia, Georgia, Azarbaijan, Turkmenistan, Kazakistan, Malaysia, Indonesia, dll dengan jumlah total proyek penelitian sebanyak 90 proyek. Acara yang diadakan oleh Caglar Foundation bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan Georgia ini diadakan di Ball Room Radisson Hotel Georgia.

Butuh proses yang panjang dan kerja keras untuk meraih prestasi tersebut. Melalui penelitian yang berjudul “Efektivitas Penambahan Batu Kapur Giling pada Campuran Mortar untuk Pasangan dan Plesteran:Studi Kasus Uji Kuat Tekan Mortar” yang dibimbing oleh Bapak Mohammad Rouf, S.Pd., M.Si., SMA ini mewakili Indonesia ke tingkat internasional dengan raihan medali Perak. Sebelumnya, penelitian ini juga meraih juara II (medali perak) dalam Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) ke-5 tahun 2013 di Jakarta.

Rasanya seperti sebuah mimpi yang terlalu jauh, namun seiring waktu semakin dekat dan meraihnya. Sebuah jawaban yang tepat atas sebuah tantangan. Mungkin masih banyak yang tidak percaya, namun itulah kenyataannya. Sekolah yang dulu selalu dipandang sebelah mata, bahkan dipinggirkan di wilayah Kabupaten Pati sekarang menjelma menjadi sekolah yang pantas untuk diperhitungkan dengan segala prestasi. “Dulu kami pernah berbicara untuk menunjukkan ke dunia bahwa SMA PGRI 2 Kayen itu ada, dan sekarang kami sudah menunjukkannya” itulah sepenggal kalimat yang diucapkan Kepala SMA PGRI 2 Kayen, Bapak Surata, S.Pd., M.Pd. dengan semangat dan penuh kebanggaan.

 (Maryadi, S.Pd.)

Leave a Comment