Lomba ISPO 2016

Silahkan Share :

Siswa SMA PGRI 2 Kayen kembali masuk sebagi finalis Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dalam bidang Fisika setelah melalui beberapa seleksi dari tim Juri. Mereka adalah Raafi Jaya Sutrisna dan Suprihatin.

Siswa SMA PGRI 2 Kayen Suskses menjadi Finalis ISPO 2016

Mereka berhasil mengembangkan bakatnya untuk melakukan penelitian dalam kategori Fisika dengan memanfaatkan limbah kulit singkong dan serat batang pisang untuk di jadikan alternatif bahan baku industri “SONIC SCAREROW”.
Selain Bidang Fisika, dalam ajang ISPO tahun 2016 ini juga terdapat lomba dibidang lainya seperti Bidang Biologi, Kimia, Rekayasa Teknologi, Lingkungan dan Komputer. Namu SMA PGRI 2 Kayen hanya mengirimkan siswanya dalam bidang Fisika.

Dengan lolosnya Siswa SMA PGRI 2 Kayen di ajang ISPO ditahun 2016 ini, menjadi yang ke 5 sebagai finalis diajang ISPO yakni tahun 2011,2012, 2013, 2014, dan 2016. Pada tahun 2014 Tim sains projek yang diwakili oleh Raafi Jaya Sutrisna dan Firman Adi Nugroho berhasil lolos Final “Genius Olympiad” di Oswego Amerika Serikat. Keberhasilan SMA PGRI 2 Kayen dalam event tersebut berkat bimbingan yang intensif dari Guru Fisikanya yaitu Mohamad Rauf, S.Pd. M.Si.

Setelah satu tahun melakukan penelitian dan percobaan, dua orang siswa SMA PGRI 2 Kayen Suprihatin dan Raafi Jaya Sutrisna berhasil mengubah kulit singkong dan pohon pisang menjadi Komposit untuk bahan baku industri otomatif dan pesawat terbang. Penemuan ini berhasil menyisihkan 1000 lebih projek penelitian dalam ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) ke 8 tingkat nasional tahun 2016 yang akan diselenggarakan tanggal 20- 21 Pebruari 2016 di “SEKOLAH SEMESTA “ Semarang Jawa Tengah.

Leave a Comment