Silahkan Share :

SMA PGRI 2 Kayen
Maryadhi

Memang tidak semua orang bisa menuliskan apa yang ada dipikirannya. Menulis bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari secara instant. Butuh latihan rutin untuk bisa menhasilkan sebuah tulisan yang menarik dan berkualitas. Adapun langkah atau tips dalam menulis. Yah rahasianya ada beberapa ini saya beritahu:

1.        Biasakan banyak membaca, kalau nggak sedang nulis

Emangnya bisa menulis sambil membaca? Yah nggak bisa kan, kecuali kita nulisnya nyontek. Pembaca adalah penulis (belum tentu yah?) tetapi penulis adalah pembaca, benar yah? Karena jika membaca saja tapi nggak pernah nulis maka ILMU yang di dalam nggak tersalurkan keluar, nggak terlatih. Namun orang yang banyak membaca sudah punya modal yang baik untuk bisa menulis dengan banyak dan cepat.

2.        Biasakan menuliskan ide di sebuah kertas

Yah nggak harus di kertas kok, bisa dibaju orang, di jurnal, di buku, di blog atau di manapun selama ide itu ditulis! Hal yang membedakan orang yang sangat sukses dan tidak di dunia kadang berasal hanya dari hal yang sederhana ini: “Menuliskan ide secara rutin di kertas”. Ketika kita menuliskan sebuah ide kita menjadikannya nyata. Orang yang suka menulis dan suka bawa-bawa bolpen dan buku catatan, atau mempunyai jurnal dengan begitu banyak tulisan, hampir selalu orang yang mempunyai banyak ide. Itu syarat yang bagus untuk menulis cepat.

3.        Jangan diedit, tuliskan saja, edit belakangan

Kebanyakan orang atau saya pun demikian dulu, mempunyai rasa takut ketika menulis di awal. Bagaimana yah tanggapan orang? bagaimana kalau tulisan saya kurang bagus atau ada yang kurang benar. Itu membuat kita banyak berpikir dan menjadi ragu atau bahkan mengedit tulisan kita sepanjang jalan. Menjadikan menulis itu sulit dan lambat. Jika ingin cepat, setiap ada ide, tuliskan saja, tulis yang banyak, kembangkan. Jangan edit dulu… baru setelah itu anda bisa memperbaikinya lagi. Anda selalu punya banyak waktu untuk membuatnya lebih baik kemudian.

4.        Banyak menulis. Praktek adalah induk dari kesempurnaan!

Sederhana kan? cari tempat latihan, untuk bisa bertinju dengan cepat dan tepat anda perlu berlatih secara konsisten. Begitu juga untuk menjadi perenang yang cepat dan bagus. Menulis juga sama. Untuk bisa menulis cepat, tulis saja sebanyak-banyaknya, cari media untuk membiasakan anda menulis.

Apa medianya? Media bisa berupa majalah seperti ini. Ini merupakan wadah yang bagus untuk menampung ide dan kreativitas kalian….

5.        Jangan takut untuk menjadi diri sendiri ketika menulis

Cuek aja, yah, menulis itu adalah sebuah keahlian yang dibiasakan. Jika anda bisa berbicara, atau bisa berkomunikasi sekalipun tidak bisa berbicara, maka anda bisa menjadi penulis yang baik.

Sebuah teori ataupun tips semacam ini tiada berguna jika tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebuah keterampilan khususnya keterampilan menulis bukanlah keterampilan yang instan bisa dipelajari, tapi memerlukan latihan yang intensif. Semakin sering kita berlatih, semakin terampil pula nantinya. “Jangan hanya menjadi pembaca tulisan orang, tetapi buatlah orang itu membaca apa yang kita tulis.”

Selamat berkarya….

Adie Fitz

Leave a Comment