Audisi OSN Tingkat Sekolah

Silahkan Share :

Penyelenggaraan OSN tingkat SMA PGRI 2 Kayen diselenggarakan sejak tahun 2014. Sebelum ada kegiatan ini, pihak sekolah mengalami kebingungan dalam menentukan siswa untuk mengikuti lomba OSN tingkat Kabupaten. Selain itu, hanya siswa-siswa tertentu yang menjadi rebutan para guru pengampu mapel OSN, akibatnya di kalangan siswa yang terjadi adalah anggapan bahwa hanya siswa itu-itu saja yang selalu dilombakan. Hal itu sama saja menutup kemungkinan bagi siswa lain yang seyogyanya memiliki kemauan dan potensi sehingga mereka susah berkembang dan susah pula menunjukkan potensi dirinya. Berawal dari hal itu dan masukan dari guru, pihak sekolah mengambil kebijakan untuk melaksanakan kegiatan OSN tingkat sekolah untuk menuju OSN tingkat Kabupaten, Provinsi, ataupun Nasional.

Audisi OSN Tingkat Sekolah
Foto Penyerahan Piala dan Piagam pemenang Seleksi OSN TIngkat SMA PGRI 2 Kayen oleh Kepala Sekolah, Surata,S.Pd.,M.Pd.

Awalnya kegiatan ini didasari dari keinginan/harapan sekolah untuk mencari siswa-siswa dari kelas X dan kelas XI yang siap dibimbing menuju OSN tingkat Kabupaten. Dari dasar itu, pihak sekolah melakukan seleksi pada siswa kelas X dan XI berkenaan dengan mapel OSN yang dilombakan. Dalam pelaksanaannya, ada 7 mapel OSN yang dilombakan dalam seleksi tingkat sekolah ini. Seleksi ini hanya diikuti oleh kelas X dan XI. Setiap kelas di masing-masing rombel diharuskan untuk mengirimkan wakil/delegasi untuk mengikuti seleksi ini. Siswa yang mengikuti seleksi ini diharapkan memilih/mengikuti mapel seleksi sesuai minat dan kemampuannya. Hal itu dengan harapan kalau siswa mengikuti berdasarkan minat, maka siswa akan merasa senang dan menikmati untuk mempelajari materi-materi yang akan diajarkan ketika bimbingan nantinya tanpa merasa terpaksa.

Ya, pada dasarnya kami sebagai panitia seleksi memang melaksanakan itu untuk menggali bibit siswa berprestasi dan menyiapkan untuk OSN yang lebih tinggi. Namun bagi kami, yang lebih penting adalah untuk membangun iklim kompetisi yang sehat antar siswa di lingkungan sekolah. Dengan harapan untuk membangun budaya belajar, sehingga dalam pembelajaran, siswa punya tujuan/misi untuk dirinya sendiri, dan nantinya pula untuk pihak sekolah.
Bagi kami, lomba tidak hanya di kabupaten/provinsi saja. Di tingkat sekolah, Tak hanya mapel OSN saja yang kami adakan, melainkan dibidang non akademik pun malah sudah berjalan lebih dulu baik itu Olahraga maupun di bidang kesenian“, ungkap Ketua Panitia OSN SMA PGRI 2 Kayen, Bpk. Maryadi, S.Pd. disela-sela kesibukannya dalam merekap hasil OSN 2016.

Seleksi OSN ini dilaksanakan di luar jam KBM. Hal ini dikandung maksud agar tidak mengganggu jam belajar mengajar guru/siswa yang lain, sehingga tidak ada yang dirugikan. Seleksi dilakukan selayaknya siswa mengikuti tes/ujian. Peserta seleksi dikelompokkan berdasarkan pilihan mapel yang diikuti dan ditempatkan diruang yang telah ditentukan panitia seleksi. Adapun soal-soal seleksi OSN ini ditentukan oleh pihak pembimbing nantinya. Jadi, pembimbing punya kewenangan untuk membuat bentuk soal seleksi (dengan durasi waktu mengerjakan 120 menit). Hasil dari seleksi ini diumumkan di sekolah melalui madding sekolah. Dari tiap-tiap mapel OSN, diambil sekitar 5 siswa dengan peringkat dari yang terbaik untuk dipilih dan mengikuti bimbingan lebih lanjut untuk menuju OSN tingkat Kabupaten.

Kegiatan seleksi OSN tingkat sekolah ini sudah berlangsung selama 3 tahun. Hal itu menjadikan bahwa kegiatan ini sekarang menjadi rutinitas/agenda tahunan. Disamping untuk menyeleksi siswa berprestasi, Hal lain yang menjadi tujuan dari kegiatan seleksi OSN ini adalah untuk membangun suasana kompetisi yang sehat antar siswa ditingkat sekolah dengan harapan siswa saling bersaing dan menunjukkan prestasi sehingga akan memberikan pengaruh bagi siswa lain sehingga akan terbentuk sebuah budaya kompetisi yang sehat.

Berikut  Adalah Daftar Siswa peserta yang lulus seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA PGRI 2 KAYEN Tahun 2016.

 

No Nama Kelas Mapel Peringkat
1 Widya Ayu Ningrum XI IPA 3 Matematika Juara 1
2 Resa Tiyana XI IPA 2 Matematika Juara 2
3 Shella Salsabila X7 Matematika Juara 3
4 Ahmad Ferdi X6 Kimia Juara 1
5

Eva Afrilia Nurjanah

XI IPA 2 Kimia Juara 2
6 Fifi Tri Astuti XI IPA 3 Kimia Juara 3
7 Susanti X – 5 Fisika Juara 1
8 Santika Dian Pratiwi X – 4 Fisika Juara 2
9 Alfi Fidyawati X – 6 Fisika Juara 3
10 Ricky Alamsyah X – 6 Biologi Juara 1
11 Aning Setyowati X -5 Biologi Juara 2
12 Putri Karisma Ramadhani X – 2 Biologi Juara 3
13 Idha Purnama Sari XI IPA 1 Biologi Juara 3
14 Desy Hapsari Wahyuningtyas X – 6 Ekonomi Juara 1
15 Istahsahnal Ulya X -5 Ekonomi Juara 2
16 Sugeng Riyadi X – 3 Ekonomi Juara 3
17 Ali Robil Nur Afwa X -5 Geografi & Kebumian Juara 1
18 Indah Oktaviani Putri XI IPS 4 Geografi & Kebumian Juara 2
19 Indri Afiati X – 8 Geografi & Kebumian Juara 3
20 Selvia Melli Rismawati XI IPS 2 Geografi & Kebumian Juara 3
21 Moh. Ma’dum Ibrahim XI IPA 3 Geografi & Kebumian Juara 3
22 Moh. Danang Nofianto X – 2 Komputer Juara 1
23 Alfian Aditya Wijaya XI IPA 3 Komputer Juara 2
24 Erma Candra Jaya Oktaviana X -2 Komputer Juara 3
25 Adha Tasya Khoirun Nisa X – 6 Bhs. Inggris Juara 1
26 Ratna Sofia Widyastuti X – 7 Bhs. Inggris Juara 2
27 Anika Sari XI IPA 1 Bhs. Inggris Juara 3

Leave a Comment