Memanfaatkan Limbah untuk busana Model

Silahkan Share :

SMA PGRI 2 KAYEN – Dalam rangka mengisi kegiatan Class Metting, usai menjalani test semester ganjil 2015, anak – anak OSIS SMA PGRI 2 Kayen menggelar beberapa kegiatan yang menarik dan inovatif, salah satunya adalah kegiatan lomba modelling antar kelas.

Namun yang menarik dalam kegiatan lomba modelling kali ini adalah dari busana yang mereka pertotonkan. Mereka tidak mengenakan busana yang mahal atau busana yang mereka beli dari toko baju, melainkan mereka membuat dari desain mereka sendiri.

Memanfaatkan Limbah untuk busana Model

Yang lebih mengagumkan lagi adalah mereka memakai bahan limbah untuk dijadikan busana. Berbekal dari pengetahuannya dari lifeskill tata busana, mereka dapat menyulap bahan limbah menjadi karya seni yang bernilai tinggi. Limbah yang mereka pergunakan adalah Limbah Plastik, Kertas dan kain. Dan sampah-sampah ini apabila tidak dimanfaatkan dapat menjadi suber penyakit maupun bencana banjir. Hal ini lah yang menggugah para siswa untuk memanfaatkan limbah-limbah ini untuk diolah menjadi barang yang bernilai tinggi.

Modelling Class Meeting 2

Sekilas kita bakal tidak percaya, kalau busana yang mereka kenakan untuk lomba modelling ini berasal dari limbah. Pasalnya busana yang mereka kenakan benar-benar seperti busana yang berharga mahal dari toko.

“Kami merasa bangga atas kreatifitas siswa-siswi, sebab mereka sudah dapat menghasilkan karya yang sangat bernilai, walaupun hanya memanfaatkan barang limbah. Selain itu juga dapat mengurangi volume sampah yang ada di sekitar lingkungan kita”. Ungkap Wakasek Kesiswaan, Drs. Purnomo.

Untuk menghasilkan karya ini, para siswa mengakui membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan karya tersebut. Bahkan salah satu siswa mengakui, untuk menghasilkan busana yang mereka kenakan menghabiskan waktu kurang lebih 3 bulan.

Melaui bimbingan dari guru meereka, Ibu Anita Kusumati dan Dian Ismei Erawati, kesulitan yang mereka hadapi akhirnya dapat terpecahkan. Dan puncaknya mereka dapat memamerkan hasil karya busana yang berasal dari bahan limbah dalam acara Lomba Modelling Clas Meeting 2015.

Leave a Comment