Tak hanya gelombang laut, angin atau sinar matahari yang bisa dijadikan sumber energi atau pengganti minyak dan gas, limbah pun bisa dijadikan sebagai alternatif sebagai sumber energi. misalnya kotoran sapi dan kotoran manusia ( tinja).

Di Indonesia limbah yang paling banyak dimanfaatkan adalah kotoran sapi. dan kebanyakan dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. kotoran sapi bisa dimanfaatkan atau diproses menjadi gas atau disebut sebagai “Biogas“.

Proses pembuatan Biogas dari kotoran sapi terbilang mudah dan sederhana dan instalasinya sangat murah berupa tabung Biodigester yang terbuat dari plastik PE (Polythene) yang berfungsi untuk menampung gas metana yang dikeluarkan kotoran sapi, kemudian menyambungkan nya melalui pipa yang disalurkan ke dapur atau alat lainnya.

Tabung Biodigester tersebut yang berisi kotoran sapi dicampur dengan lumpur sawah untuk mempercepat proses pembuatan gas metana.  proses tersebut membutuhkan kurang lebih 20 hari hinggga bisa digunakan untuk memasak layaknya kompor gas dengan LPG.

Cara lain untuk memanfaatkan kotoran sapi untuk diubah menjadi biogas bisa menggunakan reaktor biogas yang dijual sekitar Rp 2,7 Juta.

Tim Crew_AtiveIPTEKBiogas,Cara Membuat Biogas,IPTEK,Manfaat Kotoran Sapi
Tak hanya gelombang laut, angin atau sinar matahari yang bisa dijadikan sumber energi atau pengganti minyak dan gas, limbah pun bisa dijadikan sebagai alternatif sebagai sumber energi. misalnya kotoran sapi dan kotoran manusia ( tinja). Di Indonesia limbah yang paling banyak dimanfaatkan adalah kotoran sapi. dan kebanyakan dimanfaatkan untuk kebutuhan...