Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera

Cara Membuat Gas dari Kotoran Sapi

Posted Posted by Admin SMA PGRI 2 Kayen in IPTEK     Comments 4 Comments
Apr
27

Tak hanya gelombang laut, angin atau sinar matahari yang bisa dijadikan sumber energi atau pengganti minyak dan gas, limbah pun bisa dijadikan sebagai alternatif sebagai sumber energi. misalnya kotoran sapi dan kotoran manusia ( tinja).

Di Indonesia limbah yang paling banyak dimanfaatkan adalah kotoran sapi. dan kebanyakan dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. kotoran sapi bisa dimanfaatkan atau diproses menjadi gas atau disebut sebagai “Biogas“.

Proses pembuatan Biogas dari kotoran sapi terbilang mudah dan sederhana dan instalasinya sangat murah berupa tabung Biodigester yang terbuat dari plastik PE (Polythene) yang berfungsi untuk menampung gas metana yang dikeluarkan kotoran sapi, kemudian menyambungkan nya melalui pipa yang disalurkan ke dapur atau alat lainnya.

Tabung Biodigester tersebut yang berisi kotoran sapi dicampur dengan lumpur sawah untuk mempercepat proses pembuatan gas metana.  proses tersebut membutuhkan kurang lebih 20 hari hinggga bisa digunakan untuk memasak layaknya kompor gas dengan LPG.

Cara lain untuk memanfaatkan kotoran sapi untuk diubah menjadi biogas bisa menggunakan reaktor biogas yang dijual sekitar Rp 2,7 Juta.

LTori Arta

4 Comments to “Cara Membuat Gas dari Kotoran Sapi”

  • Saya jelas dgn penjelasan tersebut. Tapi untuk membuat campuran sampai menjadi gas yg siap di pakai ,berapa perbandinganya antara kotoran sapi dan lumpur. Apa hanya dgn satu tabung saja sudah cukup . Terima kasih.

  • 1/4 dari kotoran sapi lebih baik..karena jika terlalu banyak capuran lumpurnya, gas yang dihasil juga kurang maksimal

  • Kalo pake kotoran ayam bisa ga ?

  • ya kalo kotoran ayam mau berapa banyak,,,yang pasti kotoran sapi dan manusia kadungan gas metannya yang paling bagus

Post comment